Website
  • Beranda
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • Struktur Organisasi
    • Tupoksi Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
  • Bagian Setda
    • Bagian Pemerintahan
    • Bagian Hukum
    • Bagian Kesra
    • Bagian Ekbang
    • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
    • Bagian Organisasi
    • Bagian Perencanaan dan Keuangan
    • Bagian Prokompim
    • Bagian Umum
  • Inspire
    • Tokoh
  • Artikel
  • PPID
  • Download
No Result
View All Result
Website
  • Beranda
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • Struktur Organisasi
    • Tupoksi Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
  • Bagian Setda
    • Bagian Pemerintahan
    • Bagian Hukum
    • Bagian Kesra
    • Bagian Ekbang
    • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
    • Bagian Organisasi
    • Bagian Perencanaan dan Keuangan
    • Bagian Prokompim
    • Bagian Umum
  • Inspire
    • Tokoh
  • Artikel
  • PPID
  • Download
No Result
View All Result
Website
No Result
View All Result
Home Berita Utama

Pelayanan Publik Pemkab Tegal Terbaik ke-12 Tingkat Nasional

Januari 26, 2023
in Berita Utama, Inspire

Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono saat menerima hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik pemerintah daerah tahun 2022 dari Ombudsman RI. Hasil penilaian ini diserahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Jumat (20/01/2023).

Slawi – Kepatuhan standar pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Tegal tahun 2022 menduduki peringkat ke-12 dari 415 pemerintah kabupaten di Indonesia dengan skor nilai mencapai 92,05 dan terkategori zona hijau. Informasi ini disampaikan Analis Kebijakan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tegal Naniek Hendar Akhadianti saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (25/01/2023).

Ombudsman adalah lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan penyelenggara negara dan pemerintahan, termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Miliki Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Badan Hukum Milik Negara (BHMN) serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu.

Naniek menjelaskan, Ombudsman RI telah mengumumkan hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 terhadap 25 kementerian, 14 lembaga, 34 pemerintah provinsi, 98 pemerintah kota, dan 415 pemerintah kabupaten beberapa waktu lalu di Jakarta.

Warga menggunakan aplikasi android Lapor Bupati Tegal untuk menyampaikan berbagai keluhannya seputar pelayanan publik pemerintah di Kabupaten Tegal. Aplikasi yang juga memuat informasi pembangunan daerah ini dapat diunduh melalui Google Playstore.

Dari hasil penilaiannya, Kabupaten Tegal mendapat skor 92,05 yang artinya masuk dalam zona hijau atau dengan kualitas tertinggi. Sebelumnya, di tahun 2021, kepatuhan Pemkab Tegal dalam memenuhi standar pelayanan publiknya masih termasuk zona kuning dengan skor nilai 79,89.

Menurut Naniek, ada perbedaan pada penilai kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 ini dari tahun sebelumnya, di mana ada tiga instrumen tambahan seperti kompetensi pelaksanaan pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, dan pendapat masyarakat terkait pelayanan publik eksisting.

“Sebelum tim penilai dari Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah datang ke sini, mereka sudah mengantongi lebih kurang 20 nomer warga Kabupaten Tegal secara acak untuk diwawancarai melalui sambungan telepon, menanyakan bagaimana pelayanan publik yang ada di Kabupaten Tegal, baik ataukah tidak dan sebagainya,” kata Naniek.

Penilaian ini, imbuhnya, dilaksanakan akhir bulan Oktober 2022 lalu, di mana tim Ombudsman RI Jawa Tengah juga mendatangi secara langsung instansi pelayanan publik Pemkab Tegal seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan.

“Khusus tahun ini, penilaiannya di Dinas Kesehatan ditambah dua Puskesmas pembantu, yaitu Puskesmas Adiwerna dan Puskesmas Slawi,” ungkap Naniek.

Masih Naniek, bertambahnya skor penilaian tersebut telah menempatkan Pemerintah Kabupaten Tegal masuk ke urutan lima Jawa Tengah untuk kategori kabupaten dan peringkat ke-12 tingkat nasional.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada kepala daerah, kepala perangkat daerah, aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Tegal dan masyarakat luas atas dukungannya pada perbaikan kualitas pelayanan publik Pemkab Tegal sehingga hasil penilaian terkategori baik.

“Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh elemen pemerintahan, media dan juga masyarakat sehingga Kabupaten Tegal bisa meraih predikat dengan kategori pelayanan publik kualitas tertinggi kabupaten lima besar di Jawa Tengah,” kata Joko.

Ke depannya, Joko berharap ASN Pemerintah Kabupaten Tegal bisa terus melahirkan inovasi terbarunya dan membuka akses layanan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat melalui publikasi kegiatan pemerintahan dan pelayanan publik, sehingga warga dimudahkan dengan pelayanan dasarnya yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (SF/hn)

Tags: aktualBeritaberita tegal hari iniganjar pranowogubernur ganjargubernur jatenggubernur jawa tengahInovasiombudsman ripanenrayapelayanan publikreformasi birokrasisekretaris daerah kabupaten tegalutamawidodo joko mulyono
ShareTweetShare

Related Posts

JDIH Kabupaten Tegal Terbaik Keempat Nasional
Berita Utama

JDIH Kabupaten Tegal Terbaik Keempat Nasional

Agustus 28, 2024
Berita Utama

Pemkab Tegal Buka 300 Formasi CPNS 2024

Agustus 28, 2024
Berita Utama

Ini Tarif Terbaru Sewa Stadion Trisanja Pasca Pembaruan

Agustus 28, 2024
Next Post

Pluralisme dan Tradisi Perayaan Imlek di Kota Slawi

Sinergi Pemerintah dan Muhammadiyah Hadapi Perubahan Zaman.

Discussion about this post

Recommended

Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Pembangunan

Februari 21, 2024

Bangun Mentalitas Kebajikan Lewat Musabaqah Qur’an

September 25, 2018

CSR Perusahaan Otobus Sinar Jaya Khitan 100 Anak di Margasari

Juli 6, 2022

Slawi Expo: Humas Uji Aplikasi Layanan Lapor Bupati Tegal Berbasis Android

April 27, 2018

Categories

  • Artikel
  • Badan Publik
  • Berita Foto
  • Berita Utama
  • Inspire
  • Peluang dan Investasi
  • Pengumuman
  • Profil
  • tokoh
  • Uncategorized

Instagram

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.

About

We’re a creative team passionate about bringing the best free and premium resources to the design community.

Copyright 2018 JNews.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • Struktur Organisasi
    • Tupoksi Sekretaris Daerah
    • Asisten Setda
      • Asisten Pemerintahan
      • Asisten Ekbang
      • Asisten Administrasi
  • Bagian Setda
    • Bagian Pemerintahan
    • Bagian Hukum
    • Bagian Kesra
    • Bagian Ekbang
    • Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
    • Bagian Organisasi
    • Bagian Perencanaan dan Keuangan
    • Bagian Prokompim
    • Bagian Umum
  • Inspire
    • Tokoh
  • Artikel
  • PPID
  • Download